Minggu, 20 Maret 2016

Pelantika Pramuka Labschool Jakarta 2016

                           Pelantikan Pramuka  Labschool Jakarta 2016

Pada hari Sabtu pagi pukul 06.30 WIB, tanggal 27 Februari 2016, siswa siswi kelas 7 SMP Labschool Jakarta sudah siap melaksanakan apel di hal.masjid. Kami dikumpulkan di depan halma sebelum berangkat menuju Studio Alam TVRI, Depok untuk dilantik menjadi anggota pasukan pramuka. Berbagai macam benda sudah disiapkan oleh kami. Mulai dari tongkat, tali tambang,topi dan lain-lain. Setelah melaksanakan apel, kami berangkat dengan menaiki tronton sesuai pembagian yang sudah diberitahukan saat apel. Perjalanan menggunakan tronton sangat berbeda dengan menaiki mobil atau bus. Kita dapat terjatuh jika sedang berdiri di tronton, karena sangat berguncang. Meskipun demikian, beberapa murid dapat tidur dalam kondisi tersebut.

Setelah kurang lebih 1 jam perjalanan, akhirnya kami tiba di tujuan. Ada beberapa tronton yang lebih besar, sehingga beberapa murid harus berjalan dari pintu masuk menuju lapangan. Pemandangan disana sangat unik karena banyak binatang seperti kuda berkeliaran bebas. Jadi janganlah heran jika melihat kotoran hewan di sekitar lokasi. Saat di lapangan, kami melakukan apel dan setelah kami dipersilahkan untuk duduk sementara menunggu ketua regu masing-masing. Ketua regu balik lalu menyuruh kita untuk meletakkan tas di tenda dan hanya mengambil barang-barang yang di butuhkan. Kami di berikan soal di kertas dan menjawabnya per regu, jika sudah selesai, akan diberikan izin untuk melanjutkan perjalanan menuju pos yang sudah disiapkan.
Saat tiba di pos pertama, kami diuji kehafalan dan pemahaman dasadarma dan trisatya. Pertama-tama kami harus menyebutkan dasadarma dan trisatya, lalu menjelaskan cara mengamalkannya. Setelah dapat menjawabnya kami berjalan terus menuju pos 2. Setibanya di pos 2, kami harus mengantri sebentar karena agak ramai. Tes di pos 2 adalah semaphore, kami dilatih dua kali oleh kakak pelatih sebelum menjawab pertanyaan dari kakaknya, akhirnya kakak pelatih memberikan soal dan reguku sempat bingung sebentar namun kami dapat menjawabnya, jawabannya adalah “lanjutkanlah”.
Tugas di pos 3 lumayan susah, karena kami harus membuat tandu dari dua tongkat dan dua tali tambang, kami sempat kebingungan saat membuat simpul tali sampai mengulangnya berkali-kali, untung kakak pelatih mengajarkan kita cara membuatnya dan akhirnya berhasil. Kami membawa tandu yang sudah kami buat menuju pos 4 yang terletak tidak terlalu jauh. Tugas di pos 4 sangatlah sulit dan melelahkan karena kami harus mengangkat salah satu anggota di atas tandu yang sudah jadi dan membawanya sambil melewati rintangan.
Rintangan pertama kami harus jalan berjongkok tetapi orang yang di tandu tidak boleh terjatuh. Kami saat itu kelelahan namun belum selesai, selanjutnya berjalan tanpa mengenai bamboo yang tergeletak di tanah, di lanjutkan dengan mengangkat orang yang di tandu melewati hula hoop dan yang terakhir adalah berjalan namun hanya boleh menginjak huruf-huruf yang berada di tanah. Kami melewati semua rintangan dengan selamat dan kembali ke lapangan.
Setibanya di lapangan, kami diuji gerakan baris-berbaris dan mendapatkan soal sandi-sandi seperti morse, setelahnya kami sholat dan makan siang. Setelah beristirahat, kami berbaris sesuai regu dan melaksanakan upacara pelantikan, namun sebelumnya kita berlatih terlebih dahulu. Kami diberikan nomor gudep lalu melaksanakan upacara yang sesungguhnya. Setelah beberapa menit, akhirnya upacara pelantikan selesai dan kami sudah menjadi anggota pasukan pramuka. Kami membersihkan lingkungan sekitar jika ada sampah lalu berkemas pulang. Di karenakan beberapa tronton yang besar, kami berjalan lebih jauh dan balik menuju Labschool Rawamangun.

1 komentar: