Minggu, 09 Oktober 2016

Pengalamn PTS Semester 1

                     Pengalaman PTS Semester 1
PTS semester 1 dilaksanakan dari tanggal 3 sampai 7 Oktober 2016.Satu kelas dibagi menjadi 2 ruangan ada yang digabung dengan kelas 7 dan kelas 9, setiap ruangan berisi 35/36 orang dan ada 2 guru untuk mengawasi jalannya PTS.

PTS hari Senin-Kamis dimulai jam 7.30-9.30 untuk sesi pertama untuk sesi kedua dimulai jam 10.00-12.00, kalau hari Jumat dimulai jam 7.30-9.30 dan sesi kedua dimulai jam 9.30-11.00 dan biasanya bel pertama dibunyikan 15 menit sebelum waktu aslinya.

Jadwal PTS hari Senin adalah Agama dan Bahasa Indonesia,lalu di hari Selasa Jadwalnya adalah Matematika dan Prakarya, di hari Rabu jadwalnya adalah Bahasa Inggris dan PPKN, dihari Kamis jadwalnya adalah IPA dan Seni Budaya,dihari terakhir yaitu Jumat adalah IPS dan Penjasorkes.

Sebelum memasuki ruangan kita baisanya berdoa bersama di Hall Masjid, dan sbelumnya kita juga memeriksa kelengkapan alat tulis dan kartu PTS, kartu ini diberikan setelah kita membayar semua administrasi sekolah seperti ekskul,native,dll.Kalau kartunya tertinggal,belum dapat, dan hilang maka harus melapor ke panitia yang berda di Lab.Biologi untuk meminta surat izin masuk ke kelas.

Setelah masuk ke kelas biasanya guru mepersilakan muridnya untuk ke toilet,setelah semuanya masuk kelas biasanya guru menunjuk satu murid untuk memimpin berdoa dan setelah itu guru-guru memberikan kertas untuk menulis jawaban dan soal.

Saat tes berlangsung suasana kelas hening, tapi biasanya saat waktunya hampir habis suasananya menjadi agak berisik karena banyak yang mengobrol dan setelah bel berbunyi hampir semua anak keluar kelas dan didepan kelas biasanya mereka membahas soal PTS.

Di jam istirahat biasanya mereka semua langsung berkumpul dengan teman-temannya sama seperti saat sebelum masuk ruang kelasnya, ada juga yang pergi kekantin, da nada juga yang bermain biasanya mereka makan sambil belajar untuk sesi kedua.

Saat dikelas juga kita semua harus mengisi daftar hadir untuk memberitahukan bahwa kita hadir atau tidak, kita juga tidak boleh meminjam/meminjamkan alat tulis kepada siapapun, jika ada yang tidak lengkap alat tulisnya biasanya disuruh membeli dulu dikoperasi.

Diminggu sebelumnya kita diberikan Soal UTS tahun lalu untuk kami belajar dirumah dan biasanya diminta juga untuk mengerjakan setelah itu soalnya akan dibahas dan diberi keterangan jika ada yang belum jelas, ada juga guru-guru yang biasanya mengambil nilai dari soal UTS tersebut.

Dan setelah selesai berakhir mereka semua akan meletakan soal dan lembar jawaban di atas meja, biasanya lembar jawaban diletakan disamping soal dengan keadaan terbalik, setelah selesai mereka biasanya ada yang langsung pulang, ada juga yang menunggu terlebih dahulu dilobby dengan teman-teman nya.

Jam pulang PTS lebih cepat daripada pulang biasanya, karena sisa waktu yang ada dirumah bisa digunakan untuk mempelajari ulangan keesokan harinya.Setelah hari terakhir selesai mereka bisa pulang lebih cepat daripada hari sebelum nya,dan yang laki-laki melaksanakan Sholat Jumat sebelum mereka pulang.

Setelah PTS berakhir tidak libur karena penilaian ini berda di tengah semester bukan di akhir semester biasanya jika berada di akhir semester aka nada libur setelahnya , karena biasanya UAS jadwalnya sebelum bulan Ramadhan dan sebelum Akhir tahun.


Seminggu setelah PTS biasanya digunakan untuk Remedial, susulan, dan memasukan nilai yang belum ada dibuku nilai, dan biasanya mereka juga melanjutkan hafalan surat dengan guru Agama.

19 komentar:

  1. Jangan menyerah dan jangan lupa belajar karena perjalanan masih panjang

    BalasHapus
  2. akanku doakan nilainya bagus ya

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. semoga tuhan memberikan yang terbaik

    BalasHapus
  5. semangaat semoga nilainya baguss

    BalasHapus